loading...

Berbagi koneksi SSH sebagai WiFi Hotspot

Kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara sharing koneksi SSH, atau dengan kata lain kita akan membuat hotspot menggunakan koneksi SSH.

Pertama-tama pastikan wifi adapter yang digunakan tersedia fitur Virtual Miniport, silahkan dicek pada “Control Panel\Network and Internet\Network Connections“. Jika fitur ini tidak ada besar kemungkinan hotspot tidak dapat bekerja.

Coba perhatikan bagian yang saya higlight pada gambar berikut:

1

Kalau sudah mulailah dengan mendownload bahan-bahan berikut:

1. OpenVPN.
2. Tun2socks GUI, versi yang saya pakai tun2socksGUI-win8-beta-3.zip.
3. MyPublicWifi.

Cara untuk menggunakan masing2 software tersebut:
1. Instal openVPN, tetapi kar’na sebenarnya yang kita perlukan hanya driver untuk TAP Virtual Ethernet Adapter saja, maka ketika sampai pada bagian “Choose Components” conteng TAP Virtual Ethernet Adapter saja. Kita tidak membutuhkan OpenVPN.

Beberapa versi Tun2socks sudah dilengkapi dengan TAP Driver, jadi tidak harus mengambil dari OpenVPN, silahkan dieksplorasi.

2

2. Langkah ini hanya untuk memudahkan, saya melakukan perubahan pada “Control Panel\All Control Panel Items\Network and Sharing Center”.
Nama network yang menggunakan TAP Virtual Ethernet Adapter saya ubah menjadi “TAP v9

3

3. Buka Tun2socks, maka Parrent Connection, Local IP, DNS dan Socks Proxy Address akan terisi secara otomatis sesuai dengan koneksi yang aktif saat itu.

4

Pada bagian ini yang memerlukan perubahan hanya pada bagian Socks Proxy Address, ganti 127.0.0.1:1080 sesuai dengan yang tertera pada BitVise baris yang saya beri highlight pada gambar berikut.

5

Pada contoh 127.0.0.1:1033.
pada Tap/Tun Interface pilih TAP v9, lalu beri conteng pada Set DNS to adapter.
Kalau sudah klik Start, jika tidak ada masalah maka pada status bar Tun2socks akan tertulis “Tun2socks is online…”

4. Selanjutnya buka MyPublicWifi, silahkan isi kolom SSID dan Password sesuai selera. Beri conteng pada Enable Internet Sharing dan pilih TAP v9 sebagai koneksi yang akan dishare.

6

Klik Set up dan Start Hotspot, tunggu proses sampai tombol Start tersebut berubah menjadi Stop Hotspot yang artinya Hotspot telah siap untuk digunakan.

7

5. Jika sudah, cobalah hubungkan beberapa pernangkat berwifi, jika sukses maka di Tab Clients pada MyPublicWifi akan tampil semua perangkat yang terhubung.

8

Selamat mencoba.

Mari berdiskusi dengan santun...